Tips Sukses Bisnis Kuliner, Dapat Uang dari Hobi Masak

Tips Sukses Bisnis Kuliner, Dapat Uang dari Hobi Masak

Bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tetap akan eksis sampai kapanpun. Jadi bisnis ini tidak akan pernah mati selagi manusia masih membutuhkan makan. Oleh karena itu bisnis dibidang kuliner sangat diminati oleh mayoritas pelaku usaha yang berimbas banyaknya pesaing sehingga membutuhkan kiat-kiat khusus agar bisa survive di bisnis ini. Untuk anda yang baru ingin mulai bisnis kuliner atau sudah terjun di dalamnya tetapi masih kesulitan mengembangkan usahanya bisa menyimak tips sukses bisnis kuliner di bawah ini.

Menentukan target pasar dalam bisnis kuliner

Tips pertama agar anda sukses dan lancar dalam menjalankan bisnis kuliner adalah merencanakan dengan matang kepada siapa kuliner anda dijual? Hal ini penting karena jika target pasar sudah ditentukan bisa sangat mudah nantinya untuk memenuhi kebutuhan kuliner yang sesuai untuk target pasar tersebut. Jadi bidik dengan akurat kepada kelompok mana kuliner akan dipasarkan, misalnya saja untuk kelas atas, anak kuliahan, karyawan kantor dan lain sebagainya.

Ketika anda sudah menentukan terget pasar yang cocok hal ini pasti akan memudahkan anda juga dalam menentukan menu makanan, harganya dan konsep penataan tempatnya. Ketiga faktor tadi penting karena setiap target pasar memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya saja harga untuk pasar karyawan kantor tentu beda dengan harga untuk pasar anak kuliahan.

Melakukan riset mendalam

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan jika ingin sukses dalam bisnis kuliner adalah melakukan riset yang menyeluruh terlebih dulu, khusunya tentang menu atau inovasi sajian yang masih jarang disediakan oleh pebisnis lain. Hal ini penting, karena jika anda ingin bisa survive makanada harus benar-benar unik dan tidak mainstream. Karena dengan menjamurnya usaha kuliner sekarang ini menu-menu yang ditawarkan pun hampir sama semuanya.

Anda bisa melakukan riset dengan mengunjungi usaha-usaha kuliner yang sudah ada di sekitar tempat anda. Hal yang harus anda pelajari tidak melulu soal menu saja, namun perhatikan juga soal varian harganya, jumlah pengunjungnya, bagaimana tempatnya diatur dan seterusnya. Nah jika anda sudah melakukan riset yang mendalam dan menyeluruh maka anda pasti anda sudah punya konsep bagaimana mengelola bisnis kuliner yang bisa bersaing nantinya.

Sukses bisnis di kuliner

Memilih lokasi yang strategis

Tips sukses bisnis kuliner selanjutnya adalah memilih dan menentukan lokasi yang tepat dan strategis untuk tempat anda menjalankan bisnis kuliner yang sudah anda pilih. Pemilihan lokasi yang tepat memang sangat mempengaruhi sukses tidaknya suatu bisnis kuliner. Karena meskipun menu-menu yang anda sajikan lezat rasanya namun sulit dijangkau maka bisnis kuliner anda akan sepi pengunjung.

Nah, pemilihan lokasi yang strategis ini bisa dipilih berdasarkan sulit tidaknya akses jalan ke lokasi tersebut, kemudian apakah lokasi itu banyak dilewati orang-orang. Anda bisa menentukan lokasi yang bagus misalnya saja di area kampus dimana banyak mahasisiwa yang indekos, atau bisa juga daerah perkantoran dimana karyawan biasa membeli makanan untuk konsumsi harian. Selain itu ada bisa mencoba pusat keramaian semisal pasar, lokasi wisata, area pusat perbelanjaan dan lain-lain.

Melakukan promosi yang terarah

Setelah anda menentukan target pasar, riset mendalam, dan menentukan lokasi yang strategis maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melakukan promosi yang tepat agar bisnis kuliner anda dilirik masyarakat luas. Promosi pertama bisa dari mulut ke mulut yang akan dilakukan otomatis oleh pelanggan yang puas dengan menu masakan anda. Selain itu jika bisnis anda mulai berkembang dan punya modal lebih bisa memasang banner atau mencatak brosur. Kemudian anda juga bisa mempromosikan bisnis anda di media sosial semisal Facebook, Twitter dan Instagram yang juga sangat efektif.

Demikianlah tips sukses bisnis kuliner yang bisa anda coba agar usaha anda semakin maju dan berkembang mengalahkan pesaing-pesaing lain. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Terkait