Perbedaan Website dan Blog Yang Sangat Mendasar

Perbedaan Website dan Blog Yang Sangat Mendasar

Pernah mendengar istilah website dan blog? Keduanya merupakan dua hal yang umum ditemui di era internet saat ini. Namun masih banyak orang yang awam dengan perbedaan website dan blog. Mereka beranggapan keduanya adalah dua hal yang sama sehingga digunakan untuk konteks yang berbeda. Era internet di mulai dengan website kemudian berkembang dengan adanya blog. Jadi website ada terlebih dahulu sebelum blog. Untuk meneluri lebih lanjut perbedaan keduanya, silahkan baca ulasan berikut ini

1. Format
Yang pertama kali harus diperhatikan untuk membedakan blog dan webside adalah formatnya. Anda mengenal yang namanya web desain dan developer tetapi tidak ada blog desain atau developer. Yang dimaksud perbedaan website dan blog dalam hal format adalah website cenderung bersifat formal sedangkan blog lebih informal. Blog adalah platform yang awalnya untuk diskusi kemudian berkembang menjadi personal karena pemiliknya bebas posting. Blog lebih interaktif dengan mengijinkan komentar dan tanggapan terhadap tulisan atau posting sang pemilik. Tentu saja, komentar tersebut bukan sekadar chatting karena tidak real time ketika membalasnya. Website lebih ke arah formal untuk menunjukkan sisi legalitas dari suatu tema yang akan dibahas. Saat ini, kemudahan membeli domain sudah mengubah sifat asli dari website. Yang perlu diperhatikan ketika membedakan website dan blog adalah bagaimana platform atau format yang digunakan. Bebas atau berbayar sudah bukan lagi perbedaan yang signifikan lagi.

2. Konten
Telah disinggung diatas bahwa salah satu perbedaan website dan blog adalah konten. Mesin pencari di internet akan menampilkan hasil secara cepat dari blog dibanding dengan website. Blog mencakup hampir semua tema karena setiap orang bebas mengekpsresikan dirinya. Blog dapat dijadikan wadah atau media yang tepat untuk membangun sebuah kreativitas, salah satunya menulis. Sedangkan website, konten lebih bersifat formal dan yang paling sangat signifikan periode update dari konten tersebut. Anda membutuhkan pengetahuan dan kemampuan tertentu untuk menjadi admin dan mengunggah suatu konten. Selain itu, website cenderung tidak fleksibel ketika harus menjangkau konsumen secara individu. Bagi banyak perusahaan, website hanya sebagai bukti legalitas, sedangkan blog digunakan untuk interaksi dan info dua arah dari dan ke konsumen.

3. Aspek teknis
Terakhir adalah aspek teknis. Di masa lalu, sangat sulit untuk membuat sebuah website karena membutuhkan pengetahuan dan skill di bidang IT. Saat ini, Anda cukup menggunakan CMS lalu siap untuk diunggah ke server. Bagian terakhir inilah yang mendasari perbedaan teknis dari blog dan website. Website membutuhkan pemiliknya untuk mengupload platform dan konten ke server. Sebaliknya, blog lebih fleksibel karena plaform sudah disediakan oleh provider. Pengguna cukup menambah konten dan memilih tema. Blog juga dapat dibentuk seolah mirip dengan website dengan domain berbayar. Oleh karena itu, pengetahuan tentang aspek teknis merupakan dasar dari perbedaan website dan blog.

Terkait