Cara Membuat Website Sederhana Bagi Pemula

Cara Membuat Website Sederhana Bagi Pemula

Di zaman modern seperti ini, internet adalah segalanya. Disana Anda bisa melakukan banyak hal yang berguna seperti misalnya membuat website. Website bisa berguna untuk banyak hal, seperti membagikan informasi, melakukan usaha penawaran jasa, dan lain sebagainya. Membuat website sebenarnya mudah. Tidak perlu waktu lama dan usaha lebih. Namun bagi pemula yang baru memulai dunia blogging, wajar saja jika mereka merasa bingung dan kesulitan. Maka dari itu, jika baru bergabung di dunia blogging, Anda bisa mengikuti tutorial cara membuat website sederhana bagi pemula berikut ini.


5 Cara Membuat Website Sederhana


Sebelum masuk ke tutorial pembuatan website, Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti hosing dan domain. Apa itu hosting dan domain? Jika diumpamakan, hosting bisa dibilang sebagai tempat untuk menyimpan file-file Anda. Sedangkan domain andalan jalan agar pengunjung bisa datang ke tempat Anda tadi.

Sekarang ini setiap website telah memiliki hosting dan domain secara langsung. Jadi Anda tak perlu susah mencari di lain tempat. Namun karena tidak dipungut biaya alias gratis maka domain yang didapat bukan benar-benar domain, tapi sub domain. Namun, hal itu tidak masalah sama sekali. selain hosting dan domain Anda juga harus menyiapkan logo untuk websitenya.

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat logo, maka serahkan saja pada ahlinya. Saat ini sudah banyak situs pembuatan logo yang bisa dengan mudah diakses. Setelah tahu semua hal yang harus disiapkan maka inilah dia 5 cara membuat website sederhana yang cocok untuk pemula.


1. Kunjungi situs penyedia website dan buat akun
Ada banyak situs penyedia website yang tersedia di internet. Pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya jika Anda memilih IDHostinger, maka kunjungi situs resminya di idhostinger.com dan pilih pilihan buat akun di pojok kanan atas. Disana Anda akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama, alamat email, dan password, serta klik centang persetujuan ketentuan penggunaan layanan.

2. Aktivasi akun
Langkah kedua dalam tutorial cara membuat website sederhana adalah melakukan aktivasi akun. Buka tab baru dan masuklah ke dalam email yang didaftarkan tadi. Nantinya akan ada dua pesan dari pihak IDHostinger. Pilih salah satu dan salinlah linknya ke address bar, lalu enter.

3. Memilih paket hosting
Langkah ketiganya adalah Anda akan diminta untuk memilih paket hosting websitenya. Anda bisa memilih pilihan paket gratis untuk pemula. Jika sudah maka Anda akan mendapatkan sub domain. Terdapat banyak jenis sub domain. Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan selera, dan pilih pilihan buat.

4. Buat sub domain dan hosting
Setelah memilih pilihan buat, maka tunggu hingga ada pemberitahuan jika “akun Anda telah 100% dibuat” di sisi pojok kanan bawah. Anda bisa memilih “lihat hasil” untuk tahu bagaimana hasilnya. Sampai di tahap ini Anda telah berhasil membuat website.

5. Kelola website
Setelah website berhasil dibuat, maka Anda perlu mengisinya dengan file maupun artikel sesuka hati. Cara membuat postingannya adalah dengan klik pilihan kelola. Anda akan masuk ke control panel. Disanalah Anda akan mengelola website tersebut seperti misalnya parkir domain, impor database, tambah subdomain, impor website, serta mengatur halaman yang error. Selesai. Mudah sekali bukan?

Demikian sekilas informasi mengenai 5 cara membuat website sederhana bagi pemula. Tutorial tersebut tidak akan memakan waktu lama. Anda akan menyelesaikannya dengan mudah asalkan mengikuti langkah-langkahnya. Semoga dapat banyak membantu Anda. Selamat mencoba

Terkait
Ciri-Ciri Desainer Grafis Yang Berkualitas

Ciri-Ciri Desainer Grafis Yang Berkualitas

17 October 2017, 11:21:41, 1828 Views

Desain Grafis Kebutuhan Kerja Sehari Hari Pekerjaan

Desain Grafis Kebutuhan Kerja Sehari Hari Pekerjaan

13 July 2017, 16:35:07, 503 Views

5 Manfaat Menggunakan Jasa Desain Grafis

5 Manfaat Menggunakan Jasa Desain Grafis

05 July 2017, 12:33:29, 1254 Views